Nggak terasa kamu udah memasuki masa akhir duduk di bangku sekolah nih! Dengan berbagai persiapan yang kamu lakukan untuk menempuh ujian dengan baik, tentu kamu nggak mau nantinya saat lanjut kuliah salah langkah. Jika saat sekolah kita terbiasa untuk terus patuh pada aturan, nanti saat kuliah yang terjadi adalah sebaliknya! Kamu udah harus bisa membuat dan mengatur jadwal sendiri, satu hal lagi yang harus kamu lakukan adalah memilih jurusan nih! Daripada bingung, coba simak dulu langkah yang bisa kamu lakukan ini ya!

Kenali dirimu dengan baik

Mengenal diri sendiri memang susah-susah gampang, tapi saat kita bisa mengenal diri sendiri dengan baik tentu mengambil keputusan apapun terasa lebih mudah. Termasuk untuk mengambil keputusan saat menentukan jurusan! Menyadari apa potensi yang kamu miliki itu penting lho!

Pertimbangkan peluang kerja yang ada setelah lulus

Memilih jurusan bukan hanya tentang menyandang predikat sarjana saat kamu lulus, tapi setelah kuliah apa nih yang bisa kamu lakukan? Jangan sampai jurusan yang kamu pilih nanti malah nggak punya peluang kerja. Makanya jangan buru-buru dalam menentukan jurusan ya!

Jangan ikut-ikutan teman!

Sadar atau tidak setiap orang dilahirkan dengan potensi yang berbeda makanya kita nggak boleh membandingkan keadaan kita dengan orang lain. Termasuk saat menentukan jurusan nih, kamu jangan sampai cuma ikutan teman ya! Selain akan nggak adil untukmu, belum tentu jurusan yang akan kamu pilih berguna untuk masa depanmu sendiri.

Konsultasi dengan banyak orang

Memang informasi sudah banyak tersedia di internet dan buku, tapi untuk menentukan jurusan kamu juga harus bisa menjadikan opini orang lain yang udah berpengalaman jadi pertimbangan. Jangan ragu untuk manfaatkan grup-grup facebook yang banyak membahas tentang pendidikan. Kalau kamu mau, coba aja masuk ke grup alumni kampus, siapa tau dapat pencerahan!

Memilih jurusan memang nggak bisa sembarangan, karena dari keputusan itu kamu akan menghabiskan setidaknya 4 tahun untuk fokus dalam mempelajari sesuatu. Kira-kira kamu udah ada gambaran belum pengen masuk ke jurusan yang mana?