Tak kenal maka tak sayang, untuk kamu yang ingin banget masuk ke jurusan IPA pasti pengen kenalan dulu dong biar nggak kaget! Jangan tertipu dulu dengan image kalau anak IPA udah pasti jago banget dari sononya, banyak kok yang masih awal sepertimu. Dengan menerapkan cara belajar yang tepat dan efisien pastikan kamu bisa bertahan sampai akhir dengan nilai yang memuaskan. Sebelum masuk ke bagaimana cara belajar yang tepat, yuk simak dulu fakta tentang jurusan IPA! Udah siap kan? Sroll  ke bawah!

 

Siap-siap dengan berbagai test yang akan kamu jalani

Hari ini quiz ringan, besoknya udah ada test mingguan, lalu masih ada tryout yang akan dijalankan tiap bulan? Buat anak IPA sih udah biasa! Dengan berbagai macam test yang akan dijalani, bukan hanya melatih kemampuan akademik, tapi juga akan membiasakanmu menghadapi situasi yang sulit. Nanti saat kuliah sih nggak akan kaget!

 

Jurusan yang satu ini akan menguji kesabaran dan ketelitianmu

Bukan hanya mempelajari apa aja yang ada dalam tubuh manusia, anak IPA juga harus jadi pengamat yang baik di lingkungan sekitar. Terutama untuk isu lingkungan yang selama ini jadi perhatian semua orang, jurusan ini akan memberikanmu materi untuk bisa lebih relate dengan situasi yang terjadi. 

 

Pikiranmu harus siap-siap lebih kritis

Siapa bilang anak IPA nggak bisa diajak diskusi? Justru dengan pengetahuan yang nantinya akan kamu dapatkan, jurusan ini menuntutmu berpikir kritis. Artinya kamu harus mengerti terlebih dahulu sebuah topik secara mendalam dan mempertimbangkan banyak sisi sebelum berkomentar.

 

Nggak hanya berhitung, logika juga harus siap diuji

Anak IPA hanya jago masalah matematika? Eits jangan salah, jurusan ini juga akan membuat otak panas dengan materi eksak seperti fisika dan kimia. Logika yang kuat diperlukan agar waktu belajar kamu nggak bingung sendiri dengan materinya.

 

Nah kalau udah tau empat fakta diatas lebih siap kan menjalani jurusan yang satu ini? Salah satu cara terbaik agar kita fokus adalah tidak menjadikan sekolah sebagai beban, tapi sebagai cara untuk membuat kita lebih berguna nantinya. Tetap semangat ya!