Bangku sekolah sebentar lagi harus berganti dengan bangku kuliah, tuntutan untuk mempunyai edukasi yang lebih tinggi tentu semakin kita rasakan. Walaupun ada rasa deg-degan, tentu bisa naik level menjadi mahasiswa banyak menimbulkan rasa bahagia untuk kita yang akan menjalaninya. Namun menjadi mahasiswa bukan sekedar pindah tempat belajar, tapi juga sebagai perjalanan hidup yang penuh kenangan. Dengan berbagai serba-serbi kuliah yang ada, yuk cek dulu persiapan yang harus kita lakukan berikut ini!

 

Pastikan udah siap bertahan hidup sendirian

Dunia perkuliahan bukan hanya tentang seberapa fokus dirimu untuk menyerap ilmu yang ada di kelas, tapi kamu juga harus bisa mempersiapkan segala sesuatu sendirian. Apalagi saat kamu merantau dan jauh dari orang rumah dan teman, udah harus siap dengan lingkungan baru yang ada walaupun saat sakit. Urusan dari kamu bangun tidur sampai tidur lagi udah harus bisa sendiri lho!

 

Kuatkan mental agar nggak mudah ikut-ikutan

Salah satu hal menyenangkan yang akan kamu rasakan saat nanti kuliah adalah mendapatkan banyak teman baru dari berbagai lingkungan. Tapi patut diingat, nggak semua orang nantinya juga akan bersikap baik seperti kamu baik pada mereka, banyak juga pengaruh negative yang akan kamu dapatkan saat ada di kampus. Jadi siapkan diri untuk bisa memanfaatkan waktu dengan baik ya!

 

Udah punya gambaran kegiatan di luar kelas

Saat kamu masuk ke dunia perkuliahan dan punya banyak circle baru, pastikan waktumu nanti juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Gabung aja ke komunitas social yang akan membuatmu bahagia dengan berbagi manfaat untuk lingkungan sekitar.

 

Wajib belajar nabung!

Udah biasa ngurus keuangan sendiri saat sekolah? Wah keren dong! Saat kuliah kamu juga harus bisa melakukan hal ini dengan baik, jangan sampai uang bulananmu nanti numpang lewat untuk jajan atau bei aksesoris yang kamu pengen.

 

Nah, faktanya untuk menjadi anak kuliahan nggak hanya butuh bolpoin dan buku-buku yang tebal aja kan? Menjadi mahasiswa adalah tahap untuk menjadi lebih dewasa, makanya jangan sampai banyak waktu yang kamu sia-siakan nantinya. Selamat siap-siap jadi mahasiswa teladan ya!