Sebagai negara yang penuh dengan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan, patutlah kita berbangga hati saat kemerdekaan bisa diraih sampai saat ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperingatinya dan yang pasti kamu ingat pertama kali adalah bagaimana upacara bendera setiap hari senin wajib dilakukan di sekolah. Memang sampai saat ini masih banyak yang meragukan, bener nggak sih dengan ikutan upacara bendera rasa nasionalisme kita ikutan naik? Namun dibalik itu, ikutan upacara bendera juga penting lho! Simak yuk poinnya berikut ini!

 

Latihan banyak mendengarkan

Coba diingat, dalam satu minggu sekolah nanti ada berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk bicara dan berkomentar? Baik itu keadaannya sekedar ngobrol sama teman ataupun dengan guru, lebih banyak porsi kita mendengarkan atau bicara? Kalau masih banyak bicara berarti kita harus ngerti nih kalau poin dari ikutan upacara bendera adalah melatih diri sendiri agar mendengarkan apa yang dikatakan oleh pemimpin upacara.

 

Mengingat jasa pahlawan

Saat upacara bendera, menyanyikan lagu wajib dan lagi pahlawan nggak boleh dilewatkan. Diharapkan kita nantinya bisa mengingat jasa pahlawan kita dengan lagu yang ada, perhatikan deh liriknya. Penuh dengan perjuangan dan rasa syukur banget lho.

 

Bisa jadi tempatmu untuk latihan disiplin

Jadi remaja dengan jiwa-jiwa yang memberontak alias rebel memang jadi ciri khas anak sekolah, tapi tentu sekolah nggak akan membiarkan itu terjadi terus menerus. Maka dari itu saat upacara bendera adalah waktu yang tepat agar kita bisa latihan disiplin.

 

Udah jadi bagian dari budaya sekolah

Upacara bendera juga udah jadi bagian dari kehidupan anak sekolah yang ada di Indonesia, seneng nggak sih bisa punya tradisi unik seperti ini? Banyak juga kan kejadian seru yang terjadi saat upacara dan bisa jadi kenangan saat lulus nanti?

 

Terbukti nih upacara bendera yang selama ini kita jalani lebih dari sekedar kegiatan baris berbaris, kalau kita amati justru dengan kegiatan ini kita bisa jadi lebih disiplin kan? Udah nambah semangat kamu untuk ikutan upacara belum?