Belajar membuka usaha sendiri saat usia masih muda adalah hal yang patut diacuingi jempol! Walaupun bentuk usahanya sederhana dan modalnya juga masih sedikit, bukan berarti buka usaha juga main-main dalam menjalaninya. Tapi sayangnya kegagalan juga nggak bisa dihindari saat kamu berusaha melakukan usahamu. Jangan khawatir kalau apa yang berusaha kamu bangun itu belum berhasil sesuai dengan ekspektasi, berikut ini ada 4 cara agar kamu bangkit lagi. Simak yuk!

 

"Semua orang mengalami kegagalan dalam hidupnya"

Apa yang kamu alami saat ini juga telah dan akan dialami oleh orang lain dalam berbagai bentuk, tapi yang pasti mereka juga telah melaluinya dengan baik. Jadi kamu nggak ada alasan untuk nggak mencoba lagi! Dengan kegagalan yang kamu alami sekarang justru baik untukmu, kamu sedang menghabiskan jatah gagal yang saat ini bisa kamu lalui.

 

Akui kesalahan dan maafkan diri sendiri

Nggak dapat dipungkiri, menerima kegagalan adalah hal yang sulit untuk dilakukan apalagi banyak kesalahan yang telah kamu perbuat. Wajar kok saat langkah awal ini banyak kesalahan yang kamu perbuat, namanya juga buka usaha. Hal penting yang harus kamu lakukan agar cepat move on adalah menerima apa yang terjadi dan memaafkan diri sendiri.

 

Beri deadline untuk diri sendiri agar nggak tenggelam terus dalam kesedihan

Pikiran yang jernih selain harus dipancing terus untuk segera muncul adalah dengan menimbulkan perasaan yang positif. Salah satu cara agar pikiran positif cepat muncul adalah meredakan  pikiran negative yang ada dan memberikan deadline untuk bersedih. 

 

Ambil pelajaran dari kegagalan

Setelah mengakui kesalahan dan membuat pikiran positif muncul, saatnya kamu menuliskan apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari kegagalan yang kamu alami. Penting banget nih agar pikiranmu balik semangat, nggak semua orang juga punya pengalaman seperti ini lho. 

 

Mendirikan dan mempertahankan usaha memang tidak mudah, tapi kalau kamu sudah memulai duluan di usia yang masih muda, dijamin banyak kesempatan akan menunggu untuk kamu ambil. Kedengarannya basi banget emang, tapi bener lho! Diantara empat poin diatas, mana nih yang akan kamu lakukan duluan?